DIGILIB UTP SURAKARTA
PERPUSTAKAAN UTP SURAKARTA >> JL. WALANDA MARAMIS NO.31 CENGKLIK SKA 853959
Select Language
Pencarian Sederhana

Pencarian Spesifik
Judul :
Pengarang :
  • SEARCHING...

Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

Award

The Winner in the Category of OSS Indonesia ICT Award 2009

Validated

Valid XHTML 1.0 Transitional
Valid CSS

Judul PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK FILM EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BROKEN HOME
Edisi
No. Panggil SD 371 HAF P.16
ISBN/ISSN
Pengarang HAFIDZ WIDHA NUR ARIFIN NIM : D.0112 016
Subyek/Subjek Filsafat
Klasifikasi
Judul Seri
GMD CD-ROM
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP-UNS
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit Universitas Tunas Pembangunan
Kolasi
Catatan
Hafidz Widha Nur Arifin.D.0112016. PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK FILM EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BROKEN HOME. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. September. 2016.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home melalui bimbingan kelompok dengan media film edukasi pada siswa broken home di SMP N17 Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah desain one group pre test and post test. Populasi yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016 sebanyak 110 siswa, sampel yang digunakan adalah sebagian dari populasi yang berjumlah sebanyak 16 siswa broken home dengan pengambilan sampel dengan teknik porposive sampling.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh bimbingan kelompok dengan media film edukasi pada siswa broken home berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa broken home di SMP N 17 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, 3,598 > 2,145 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003.
Implikasi yang ingin disampaikan dalam penelitian ini sebagai berikut : 1) Bahwa layanan bimbingan belajar bertujuan membantu siswa memecahkan persoalan yang berhubungan dengan masalah belajar siswa di sekolah dan di luar sekolah dalam mencapai keberhasilan belajar secara optimal. 2) Bahwa menggunakan media film edukasi dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam proses belajar. 3) Dengan meningkatkan motivasi belajar siswa, perlu adanya layanan bimbingan belajar dengan menggunakan media film edukasi sehingga tingkat pemahaman siswa dalam menerima materi yang disampaikan oleh seorang guru dapat lebih optimal.
Detil Spesifik
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya