DIGILIB UTP SURAKARTA
PERPUSTAKAAN UTP SURAKARTA >> JL. WALANDA MARAMIS NO.31 CENGKLIK SKA 853959
Select Language
Pencarian Sederhana

Pencarian Spesifik
Judul :
Pengarang :
  • SEARCHING...

Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

Award

The Winner in the Category of OSS Indonesia ICT Award 2009

Validated

Valid XHTML 1.0 Transitional
Valid CSS

Judul PROSIDING PERANAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DALAM MENGHASILKAN KADER PEMBANGUNAN BANGSA YANG BERMORAL PROFESIONAL DAN KOMPETITIF
Edisi 2012
No. Panggil PRO 005 UTP 2012
ISBN/ISSN 2301-6620
Pengarang AGUS SUPRIYOKO
Dwi Gunadi
Mamin Suparmin
AGUS Kristiyanto
DJOKO PEKIK IRIANTO
YUSUF
SHODIQ HUTOMONO
NURUDDIN
SAMISIH DAN SITI HAJAR
HMF.DONOSUKO
Subyek/Subjek
Klasifikasi
Judul Seri PROCEEDING SEMINAR NASIONAL DALAM RANGKA DIES NATALIS KE 32
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN - FKIP
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Jl. WALANDA MARAMIS NO.31
Kolasi 115 HLM.;30 CM
Catatan SKENARIO PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA MASA DEPAN
DALAM MENGHASILKAN KADER PEMBANGUNAN BANGSA YANG BERMORAL, PROFESIONAL DAN KOMPETITIF

Oleh :
Agus Supriyoko, S.Pd, M.Or
PKOR FKIP UTP Surakarta

Abstrak
Salah satu masalah utama dalam pendidikan jasmani di Indonesia, hingga dewasa ini, ialah belum efektifnya pengajaran pendidikan jasmani di sekolah-sekolah. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya ialah terbatasnya kemampuan guru pendidikan jasmani, kebijakan pemerintah dalam menetapkan kurikulum pendidikan jasmani dan terbatasnya sumber-sumber yang digunakan untuk mendukung proses pengajaran pendidikan jasmani Pengajaran pendidikan jasmani yang efektif dalam kenyataan lebih dari sekedar mengembangkan keterampilan olahraga. Pengajaran tersebut pada hakikatnya merupakan proses sistematis yang diarahkan pada pengembangan pribadi anak seutuhnya.
Kurikulum 2004/SI (Standar Isi) Serba perilaku motorik, tidak memasukkan unsur kognitif-reflektif, socio-motor dan afektif dalam ruang lingkupnya, seolah-olah semua materi memungkinkan untuk diimplementasikan di sekolah tanpa memperhatikan kondisi dan kemampuan sekolah. Berorientasi pada model kurikulum yang menekankan penguasaan teknik dasar dan keterampilan olahraga. Dari segi pelaksanaan dapat ditemukan beberapa hal sebagai berikut: Tidak terlihat adanya pengayaan pendekatan, gaya, metode, model serta strategi pembelajaran pendidikan jasmani terperangkap oleh paradigma dan orientasi tunggal. Proses belajar tidak lagi bersifat pengasuhan dan tugas ajar tidak lagi berasas DAP (developmentally appropriate practice = praktik pengembangan yang disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik). Kurkulum pendidikan jasmani bersifat dinamis, dalam perkembangannya memungkinkan untuk disempurnakan dengan memperhatikan faktor pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.
Internet sangat mugkin untuk dimanfaatkan dalam pendidikan jasmani. Penyedia informasi seperti internet dimungkinkan untuk memberikan segala informasi tentang pembelajaran, penelitian, ide dan gagasan terbaru mengenai pendidikan jasmani. Arus informasi di internet dalam web site pendidikan jasmani yang dapat diakses oleh seluruh pelosok tanah air, dan belahan dunia. Web site pendidikan jasmani menyediakan akses informasi tentang pendidikan jasmani yang mudah, cepat, dan up to date.

Kata kunci : Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Kurikulum, Tehnologi Informasi

Detil Spesifik
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya