DIGILIB UTP SURAKARTA
PERPUSTAKAAN UTP SURAKARTA >> JL. WALANDA MARAMIS NO.31 CENGKLIK SKA 853959
Select Language
Pencarian Sederhana

Pencarian Spesifik
Judul :
Pengarang :
  • SEARCHING...

Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

Award

The Winner in the Category of OSS Indonesia ICT Award 2009

Validated

Valid XHTML 1.0 Transitional
Valid CSS

Judul PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN SERVIS DENGAN SASARAN TETAP DAN SASARAN BERUBAH TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN SERVIS ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) 02 TULUNG KLATEN TAHUN PELAJARAN 2014
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Sutrisno NIM:D.0212089
Subyek/Subjek Filsafat
Klasifikasi
Judul Seri
GMD CD-ROM
Bahasa Indonesia
Penerbit Taylor & Francis Inc.
Tahun Terbit 2014
Tempat Terbit Universitas Tunas Pembangunan
Kolasi
Catatan Sutrisno. PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN SERVIS DENGAN SASARAN TETAP DAN SASARAN BERUBAH TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN SERVIS ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) 02 TULUNG KLATEN TAHUN PELAJARAN 2014. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan. Tahun 2014.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Adakah perbedaan pengaruh metode servis atas menggunakan sasaran tetap dan sasaran berubah terhadap kemampuan servis atas dalam permainan bolavoli pada siswa putra kelas VIII SMP 02 Tulung Kabupaten Klaten, (2) Manakah yang lebih efektif antara latihan servis atas menggunakan sasaran tetap dan sasaran berubah terhadap kemampuan servis atas dalam permainan bolavoli pada siswa putra kelas VIII SMP 02 Tulung Kabupaten Klaten.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen sederhana. Populasi yang digunakan adalah siswa putra SMP 2 Tulung kabupaten klaten, yang berjumlah 124 siswa putra. Teknik pengambian sampel yang digunakan adalah teknik porposive sampling, besarnya sampel yang digunakan adalah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes dan pengukuran. Data yang dikumpulkan terdiri dari dua variabel bebas yaitu latihan servis atas menggunakan sasaran tetap dan latihan servis atas menggunakan sasaran berubah, serta satu variabel terikat yaitu ketrampilan servis atas bola voli. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan teknik tes dan pengukuran. Tes yang dilakukan untuk pengambilan data penelitian yaitu tes kemampuan servis atas. Sebelum analisis data dilakukan terlebih dahulu data diuji tingkat reliabilitasnya dan dilakukan uji prasyarat analisis. Uji prasyarat yang dilakukan meliputi uji normalitas dan uji linieritas data kemudian diuji perbedaan.
Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut : (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan servis atas menggunakan sasaran tetap dan sasaran berubah terhadap ketrampilan servis atas dalam permainan bolavoli pada siswa putra Kelas VIII SMP 2 Tulung Kabupaten Klaten. Dari hasil uji perbedaan yang dilakukan terhadap hasil tes akhir pada kelompok 1 dan kelompok 2, diperoleh thitung = 5,744 > t hitung 5% = 2,145. (2) Metode latihan servis atas bola voli menggunakan sasaran tetap (K1) memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada latihan servis atas menggunakan sasaran berubah (K2), terhadap ketrampilan servis atas bola voli, pada siswa putra SMP 2 Tulung Kabupaten Klaten Tahun 2014. Peningkatan kemampuan servis atas bola voli kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan latihan dengan menggunakan sasaran tetap) = 53,1915% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan latihan dengan menggunakan sasaran berubah) = 28,5714%.






Detil Spesifik
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya